Awal Pemikiran Filsafat




Ketika duduk di bangku perkuliahan, sekitar semester 5 saat itu, Tengkugaul pernah penasaran yang pelajaran Filsafat. Pelajaran yang saat itu beredar kabar bahwa pelajaran ini bisa membuat orang menjadi gila karena tingkat kesulitanya tinggi, dan juga orang kadang ikut-ikutan mengatakan bahwa hal tersebut benar adanya. 

tapi tidak denganku kala itu. aku dan beberapa teman berjumlah 5 orang dengan tekad dan kemauan yang kuat ( ah Gaya sekali ) hehe, mencoba belajar kepada salah satu guru atau dosen yang memang mengerti tentang pelajaran filsafat.

Lalu pada bagian pertama yang kami pelajari saat itu merujuk pada satu titik ucapan yang dilontarkan oleh guru kami itu, "Aku berpikir, maka aku hidup", kamipun terhening dan salin melihat, serasa betapa kagumnya kami dengan ucapan itu.

Ya, kita memang kadang-kadang mengabaikan hal- hal sederhana yang ada disekeliling kita, bahkan tidak pernah mau tahu terhadap apa yang terjadi disekitar, lalu apa hubungannya?,
dari hal ini kita bisa lihat seberapa pernah kita memikirkan keadaan sekitar kita, berpikir tentang bagaiman semua yang telah diatur oleh Sang Khaliq, inilah Pemikiran yang membuat kita hidup. 


Kita makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan, memang boleh-boleh saja kau berpikir bisa hdup sendiri, itupun tergantung arah hidup kita tidak ada yang tahu. kita idak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti. 
Jadi untuk itu sebenarnya apa yang ada dalam Filsafat adalah apa yang ada disekitar kita. Tentang pola pikir yang berbagai macam datang, hingga kadang bisa dengan cepat mempengaruhi nalar dan tingkah kita bahkan. 

tidak terlalu berat kali ini. hanya sepenggal penegertian tentang apa itu filsafat dan bagaimana penerapannya secara kasat mata.

Secara umum Filsafat dalam bahasan romawi adalah suatu kebijaksanaan hidup (filosofia ) guna memberikan suatu pandangan hidup yang menyeluruh berdasarkan refleksi atas pengalaman hidup maupun pengalaman ilmiah.

(Mungkin agak ribet ya,)

Oke jadi filsafat adalah sumber dai segala macam ilmu yang kita pelajari hari ini. Kenapa kita membutuhkan ini, kenapa tidak ini, karena Begini, bla bla, ya kira-kira begitulah Filsafat bekerja. 
Karena jika didefenisikan dengan Formal maka akan menjadi sebuah pertempuran kata-kata yang harus kita kalahkan dengan logika.

Dengan kata lain Filsafat dapat di terjemahkan sebagai ilmu yang dijadikan alat untuk mencari kebenaran dengan sedalam-dalamnya, dengan berbagai pola pikir ataupun jenis-jenis pemikiran yang dipakai untuk mencapai kebenaran itu senidiri.






Sumber Gambar http://bukuindonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/buku-filsafat.jpg































logoblog

No comments:

Post a comment